Kamis, 18 Agustus 2011

Tantangan LBT#3: BUTTER CAKE


Member No.181
CAKE WORTEL ALMOND OLIVE OIL


Waktu diumumkan tantangan LBT#3 adalah BUTTER CAKE, aku langsung ingat sama bolu marmer-nya Mamaku dulu. Hhhhmmm serasa masih tercium bau wangi margarin & coklat saat kue diangkat dari baking pan. Aku paling suka makan kue ini panas2, yg aku makan pertama kali adalah bagian pinggirnya yg nempel di baking pan krn rasanya asin dan masih kriuk2. Pokok-e.... Enak banget!
Itu, kenangan masa kecilku ttg butter cake-nya Mamaku.

Sekarang, pd tantangan LBT#3 ini aku membuat butter cake yg lebih sehat; bahannya tidak hanya tepung-gula-telur saja; ada tambahan wortel, almond, & kismis yg menambah asupan serat; dan lemak yg digunakan jg relatif lebih aman bagi penderita hiperkolesterol, yaitu minyak zaitun. Resepnya ada di http://food.detik.com/read/2009/09/11/103228/1201306/361/cake-wortel-almond

RESEP CAKE WORTEL ALMOND OLIVE OIL
(Resep asli beserta perubahannya)

Bahan:
170 g gula pasir
125 ml minyak olive (bisa juga pake minyak goreng)
1 sdt esens vanili (aku pake vanili bubuk)
1 sdt garam halus (resep asli tdk pake)
2 butir telur ayam
2 buah (220 g) wortel, kupas, serut halus, peras (atau 110 gr ampas jus yg diproses dg juice extractor)
125 g almond bubuk
80 g kismis
1/2 sdt kulit jeruk lemon parut (aku tidak pakai)
1 sdm air jeruk lemon (aku pake 1 bh jeruk nipis yg diambil airnya)
30 ml homemade plain yoghurt (bisa di-skip krn di resep asli tdk ada)

Ayak jadi satu:
150 g tepung terigu (segitiga)
1/2 sdt baking powder (bisa di-skip)
1/2 sdt kayu manis bubuk

Taburan:
50 g almond iris (kayaknya tdk sebanyak ini d..)
1 sdm gula bubuk, ayak (aku gak pakai, diganti kismis)

Cara membuat:
• Siapkan loyang bundar 22 cm, semir mentega dan taburi tepung terigu.
• Kocok gula dan minyak hingga gula larut.
• Masukkan telur satu per satu sambil kocok terus hingga kental.
• Tambahkan campuran terigu, aduk rata.
• Masukkan wortel dan almond bubuk, aduk rata.
• Tambahkan kismis, kulit jeruk dan air jeruk lemon, aduk rata.
• Tuang ke dalam loyang, ratakan.
• Taburi almond iris.
• Panggang dalam oven panas 180 C selama 45 menit.
• Angkat dan diamkan hingga agak dingin.
• Lepaskan dari loyang dan taburi gula bubuk.
• Sajikan.
Untuk 12 potong

Note: Aku pakai 2 buah loyang oval

Hasil kue-nya padat tp tidak seret spt clasic butter cake. Rasanya campur2; manis-asem-asin, rame rasanya... (lho kok jd iklan permen...). Ada gurihnya juga dan tdk terasa berat di perut... Mau coba??? Silahkan......... :)

"MAKANAN ENAK BISA SEHAT, MAKANAN SEHAT BISA ENAK, ASAL KITA TAHU ... TRIKNYA." (Wied Harry Apriadji, konsultan gizi & pakar kuliner sehat alami)

Tidak ada komentar: