Kamis, 18 Agustus 2011

Gulai Kapau Sehat Alami


Lagi pengen masakan yg berbumbu rempah2, stlh buka2 buku catatan, pilihan jatuh ke resep gulai kapau yg pernah ditulis di wall-nya Pak Wied Harry Apriadji tgl 23 Juni 2010. Mau coba? Ini resepnya...

Rebus sampai empuk 150 gr nangka muda & 2 cm kunyit.

Haluskan: 10 bw merah, 4 bw putih, 8 cabe merah (aku gak pake), 4 cm kunyit, 2 cm jahe, 4 btr kemiri, 1/2 sdt gula pasir (aku tambah sdkt gula merah), & 1 1/2 sdt garam. Rebus bersama 750 ml air, 1 asam kandis (waaahhh... yg ini kelupaan gak pake!), 2 daun salam, 5 daun jeruk, 1 daun kunyit, 2 batang serai.

Masukkan nangka, 100 gr rebung (aku pake tahu putih), 10 kc panjang dipotong2 (aku pake buncis), & 150 gr kol.

Didihkan, matikan api. Setelah hangat campur dengan 250ml santan segar(tp aku santannya ikut dimasak :). Sorry pak Wied, menyimpang dr aturan...)

Gak tahu bener atau tdk, rasanya perpaduan antara lodeh dan kare; enak dimakan pake sambal terasi (krn aku buat yg gak pedes) dan tempe goreng.

^^ Happy "Healthy" Cooking^^

Tidak ada komentar: