Minggu, 07 Desember 2008

Cone Muffin









Oleh: Christine

Foto: Christine, 2008, Cone Muffin



Minggu depan aku ketempatan arisan ibu-ibu, pengen buat kue yang gampang tapi unik. Pilihanku jauh pada muffinnya Almh. Ruri. Jadi seminggu sebelum hari-H aku coba dulu biar nanti hasilnya gak malu-maluin. Supaya unik cup-nya aku ganti pake cone ice cream.



Bahannya persis sama seperti Fun with Muffin-nya Ruri. Bahan tambahan hanya keju untuk taburan di atasnya.

Bahan :

350 gr tepung terigu
230 gr butter
110 cc air
2 gr garam (gak perlu kalo butternya pake yang salted)
200 gr telur (timbangnya gak pake kulit yeee)
300 gr gula pasir
8 gr baking powder
50 gr bahan tambahan sesuka hati (misalnya coklat chip ato keju dipotong dadu)
vanilla

Cara membuat :
  • Rebus butter, air dan garam sambil mendidih
  • Masukkan tepung kedalam kom mixer, masukkan bahan campuran butter panas-panas lalu dimixer dengan kecepatan sedang sampai hangat, masukin campuran butternya sambil dikucurin gitu ya, jangan langsung dituangin sekaligus
  • Masukkan vanilla
  • Masukkan telur satu persatu
  • Campur gula pasir dan baking powder sampai rata, lalu masukkan kedalam adonan, kocok sampai cukup rata
  • Masukkan bahan tambahan
  • Masukkan adonan kedalam piping bag, potong ujungnya
  • Semprotkan kedalam cetakan muffin sampai penuh taburi atasnya dengan sisa bahan tambahan
  • Oven dengan suhu 160° ± 25 menit

Kalo pake cone, setelah adonan siap, adonan dimasukkan ke dalam cone dengan bantuan sendok kira-kira 4-5 sendok makan per cone. Sayang aku tidak merhatiin kalo bagian bawah cone banyak yang retak padahal adonannya agak cair. Jadinya ya bocor mbeleber kemana-mana...

Cone yang sudah berisi adonan muffin aku taruh di cetakan muffin yang bentuknya seperti mangkok-mangkok itu supaya bisa berdiri tegak. Diatasnya ditaburi keju parut terus dipanggang deh...

Soal api... nah di sini nih kesalahannya. Karena tidak ada pengatur suhunya apinya aku kira-kira saja dan ternyata kurang panas soalnya udah jalan 20 menit kuenya belum apa-apa masih terlihat mentah. Terus aku gedein... kuenya mulai menggelembung bahkan ada yang sampai meleleh ke bawah tapi kejunya jadi gosong... waduh gimana nih...

Ya sudah, sudah terlanjur... diterusin aja. Akhirnya kue matang setelah 30 menit memanggang. Hasilnya bisa dilihat sendiri.. gosong-song-song... tapi rasanya enak walaupun buat aku terlalu manis. Kuenya empuk di dalam, di luarnya agak keras seperti kue kering; mungkin karena api yang kurang panas tadi...

Untung aku dicoba dulu... bayangin kalo buatnya pas hari arisan dan hasilnya seperti ini... wah malu-maluin banget!

Oya, satu resep jadi 16 cone muffin.
.

Tidak ada komentar: