Jumat, 12 Juni 2009

Gandos










Oleh: Christine
Foto: Christine, 2009, Gandos




Gandos adalah salah satu snack favorit sejak kecil. Walaupun setiap hari Sabtu ada tukang gandos lewat di depan rumah, tapi rasanya tetep pengen nyoba buat sendiri


Bahannya sangat mudah didapatkan dan membuatnya juga tidak susah. Asal ada cetakan, kayaknya semua orang bisa membuat gandos

Resep gandos ini aku ambil dari http://umimardhiyah.multiply.com. Aku buat setengah resep saja dan ada penambahan pada jumlah garam karena aku suka gandos yang asin.

Bahan:

100 gr tepung beras putih
100 gr kelapa yang muda atau setengah tua, parut memanjang
300 ml santan instan
1/2 sdt garam halus

Cara Membuat:
  1. Kukus sebentar kelapa parut (optional). Aku bikinnya pagi-pagi untuk bekal sekolah sedangkan kelapanya beli sehari sebelumnya; jadi biar gak basi kelapa dikukus dulu lalu disimpan di kulkas.
  2. Campur semua bahan menjadi satu dan aduk hingga rata.
  3. Panaskan cetakan gandos yang sudah diolesi dengan sedikit minyak atau margarin. Aku gak punya cetakan gandos yang seperti cetakan pukis; pakenya cetakan apem bulat-bulat yang ada lapisan anti lengketnya.
  4. Masukkan adonan sampai hampir penuh, tutup cetakan.
  5. Masak hingga bagian bawahnya kecoklatan.
  6. Angkat dan hidangkan selagi hangat. Kalau ingin rasa manis bisa ditaburi gula halus.
Untuk 10 buah


Rasa gandos ini enak, gurih, malah menurutku lebih enak yang buatan sendiri karena kelapanya masih muda; kalo gandos yang beli kadang kelapanya sudah ketuaan.

Sayangnya gandos buatanku tidak berkulit tebal padahal aku suka gandos yang kering cenderung hampir gosong. Mungkin karena aku pakenya cetakan anti lengket ya?! Atau mungkin juga masaknya kurang lama... Hhmm... mesti dicoba lagi..
.

Tidak ada komentar: